Rabu, Oktober 15, 2008

SEO Part III : Off Page Optimization (SEO)

Segala sesuatu di luar website yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ranking di search engines yang pada dasarnya menyangkut satu hal yaitu Link Exchange Management.

Link Exchange Management adalah strategi yang diterapkan dalam proses tukar menukar link antara website satu dengan lainnya, yang bertujuan untuk meningkatkan Link Popularity website bersangkutan.

Link Popularity adalah banyaknya website lain yang memasang link mengarah ke website kita. Semakin besar Link Popularity sebuah website – semakin tinggi kemungkinan rankingnya di search engines.

Untuk mengetahui besarnya Link Popularity sebuah website di search engines utama, kita cukup memasukkan sintak ”link:http://www.namadomain.com pada kotak search masing-masing search engines. Namun demikian, kita juga bisa mengetahui link popularity dengan lebih mudah menggunakan Link Popularity Checker berikut :

* MarketLeap www.marketleap.com/publinkpop/default.htm
* Webfeat http://www.webfeat.us/linkpop/

Kita juga bisa membandingkan Link Popularity beberapa website competitor dengan menggunakan alat tersebut.

Berikut beberapa cara untuk mendapatkan links ke website kita :
- Mendaftarkan website ke web directory
- Exchange link dengan website lain
- Submit Article
- Press Release
- Chat Forum
- Web Blogs

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam link exchange adalah sebagai berikut :

a. Jumlah website yang memasang link ke website kita
Google adalah salah satu search engines yang sangat memperhatikan link popularity. Bahkan ini bisa menjadi faktor yang paling penting. Menurut analisa Google, semakin banyak suatu website di-link, tentu content-nya semakin baik juga.

b. Google PageRank dari website yang memasang link ke website kita
PageRank adalah cara Google memberikan penilaian seberapa populer sebuah website. Hal ini tergantung dari jumlah links dari website lain ke website kita. Semakin banyak links yang mengarah ke website kita - semakin tinggi PageRank website kita. PageRank adalah satu dari sekian faktor yang menentukan dalam penentuan ranking sebuah website di Google.

Untuk mengetahui PageRank website, kita harus memasang Google Toolbar di komputer kita. Kita bisa mendapatkannya secara gratis di http://toolbar.google.com

c. Page Title dan tema dari website yang memasang link ke website kita
Google akan memberi nilai lebih jika kita mendapatkan links dari halaman website lain yang memiliki tema yang sama atau terkait denagn tema website kita.

d. Anchor text yang digunakan untuk memasang link ke website kita
Anchor text digunakan untuk menentukan relevansi dari sebuah halaman website - seperti halnya dalam on page optimization. Jika website satu memasang link ke website lain menggunakan “Bali Hotels” sebagai anchor textnya maka search engines akan memutuskan bahwa halaman tersebut adalah mengenai Bali Hotels.

Selain digunakan untuk membangun link popularity, anchor text juga baik digunakan untuk membangun internal link dari halaman satu ke halaman yang lain dalam sebuah website yang sama. Hal ini akan memberi penekanan lebih atas relevansi halaman-halaman website tersebut.

e. Jumlah outbound links dihalaman website dimana link kita berada
Usahakan agar links yang mengarah ke website kita ditempatkan di halaman website lain yang memiliki “outbound links” tidak lebih dari 50 links.

f. IP address website yang memasang link ke website kita
Google memberi nilai lebih pada website yang memiliki links dari website yang IP-nya berbeda-beda daripada links dari website yang IP-nya sama. Hal ini membantu mengurangi kemungkinan hanya sekelompok orang yang menguasai ranking di search engines.

Search engines utama menggunakan links sebagai bagian yang sangat penting dari sistem algoritmanya. Ada beberapa metode yang digunakan search engines mengevaluasi links. Google menggunakan system PageRank-nya untuk menilai kualitas links dan memberi bobot lebih kepada link value daripada jumlah link.

Search engines lainnya memberikan penekanan lebih pada kuantitas link dengan tetap memperhatikan kualitasnya. Lebih banyak link popularity yang dimiliki oleh sebuah website lebih bagus ranking website tersebut di search engines.

< http://sudarsana.net >

Pay Per Click (PPC) Advertising

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wowwwww........that is very good...